cara mengamankan wordpress wp admin

Inilah Cara Mengamankan WordPress WP Admin Tidak Bisa di Akses

Diposting pada

Anda yang masih bertanya, bagaimanakah cara mengamankan wordpress WP admin? Sepertinya ini memang menjadi bagian pertanyaan bila teman-teman sudah mengenal wordpress.

Kita kenal juga semakin majunya ilmu teknologi, maka semakin banyak pula orang-orang yang iseng dan mengambil situs-situs yang sudah terkenal. Dalam artian mencoba meretas website.

Salah satu pertanyaan ini, bila:

1. Website sudah terkenal dan memiliki jumlah pengunjung banyak.
2. Menghindari pencurian/cracker web.

Hanya itu saja yang saya tau yah.

Tentu masih banyak teman-teman blogger belum sadar dan bahkan belum paham betapa penting menggantikan alamat url log in website wordpress Anda.

Ingat ini hanya berlaku bagi yang sudah memiliki hosting. Biasa sering disebut website sudah solf host, artinya milik sendiri.

Meskipun teman-teman blogger lain yang memiliki CMS (Content Management System) wordpress sudah memiliki trafik yang bagus, mereka masih belum peduli. Saya belum tau apa penyebabnya. Apakah mereka belum tau cara mengamankan wordpress dengan cara ini.

Sebuah situs/blog khususnya yang memakai engine WordPress, acapkali menerima serangan-serangan dari seorang hacker cracker. Ya, keamanan blog itu sendiri sangat penting untuk diperhatikan. Mem-backup blog secara rutin adalah langkah antisipasi yang paling disarankan. Pada tulisan ini saya akan berbagi satu cara alternatif untuk mengamankan blog dari upaya cracker untuk menyerang dan merusak (deface) sebuah blog entah itu karena entah itu karena atau emang hobi-nya.

Lalu bagaimana caranya? Well, dengan mencoba menyembunyikan halaman login wp-admin, dengan mengalihkan atau mengganti URL yang menuju ke login wp-admin. Pada umumnya URL untuk menuju ke wp-admin alamatnya http://AlamatSitus.com/wp-login.php.

Cara mengamankan wordpress WP admin

Maka satu cara yang bisa saya berikan untuk teman-teman adalah plugin dari wordpress yang namanya plugin Stealth Login.

Dengan bantuan Plugin Stealth Login maka kita bisa dengan mudah mengganti URL akses ke login WordPress admin menjadi http://AlamatSitus.com/masuk.

Contoh misalnya: asalsajayahyangpentingganteng.com/gantengitusAyatotall0h

Catatan: Upayakan nama loginnya susah ditebak. Bisa menggunakan huruf besar, kecil, angka dan juga misalnya #(^!+_*%&&$$.

Instal dan Setting Plugin Stealth Login

Silahkan instal Plugin Stealth Login terlebih dahulu. Lalu llakukan pengaturan terhadap plugin ini dengan mengklik menu Pengaturan (Settings) dan pilih Stealth Login dari halaman dasbor WordPress.

Pada halaman pengaturan Stealth Login, kita akan fokuskan perhatian kita pada pilihan-pilihan berikut ini :

Keterangan :

1. Enable Plugin.

Aktifkan plugin dengan menekan tombol On.

2. Login Slug.

Isi dengan kata untuk login yang mau anda jadikan ujung tautan login barunya. Contohnya anda bisa mengisikannya dengan kata masuk yang sesuai yang Anda inginkan. Kita tahu bahwa tautan login yang semulanya ialah http://AlamatSitusnya.com/wp-login.php. Nah, jika sudah menggunakan plugin ini akan berubah menjadi http://alamatsitusnya.com/loginmasuksidiisidisini.

3. Stealth Mode.

Aktifkan (enable) pilihan ini tujuannya sebagai dalam mencegah pengguna agar tidak bisa lagi langsung dalam mengakses file wp-login.php.

4. Pilih redirect URL.

Pada pilihan Redirect URL, Logout Slug. Admin Slug diabaikan saja (http://alamatsitusnya.com/wp-login.php atau http://alamatsitusnya.com/wp-admin). Selanjutnya simpan pengaturannya dengan menekan tombol yang bertuliskan Save Changes di bagian paling bawah.

5. Sudah aktif

Jika akses halaman login bawaan WordPress http://alamatsitusnya.com/wp-admin sudah tidak bisa lagi ditampilkan. Maka itu berarti pengalihan URL login WordPress sudah sukses. Login slug yang sudah Anda tentukan dicatat baik-baik, jangan sampai anda lupa.

Yaps itu saja yang bisa kami berikan mengenai kegunaan dari plugin ini. Sebenarnya selain menggunakan cara plugin juga bisa. Akan tetapi lebih ribet lagi mengutak-atik dari control panel Anda. Sekali itu saja, semoga bermanfaat yah. Oyah, cara ini juga cara dari salah satunya untuk menghindari web Anda dicuri yang tidak Anda kenal atau orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *