danau weekuri sumba

Danau Weekuri Sumba, Jernihnya Serasa Berenang di Surga!

Diposting pada

Danau Weekuri Sumba, jernihnya serasa berenang di Surga. Danau Weekuri jernihnya bukan main! Kamu belum pernah ke sana? Coba googling dulu, deh. Pasti langsung naksir dan pesan tiket pesawat ke Sumba! Danau Weekuri adalah danau air asin yang berada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Keindahan Danau Weekuri Sumba dengan kejernihan airnya

Keindahan Danau Weekuri Sumba dengan kejernihan airnya
Sumber foto: https://www.potensilokal.com/wp-content/uploads/2016/03/Danau-Weekuri.jpg

Air danaunya yang berwarna hijau kebiru-biruan bikin kamu betah main air sampai keling! Nih, beberapa hal yang harus kamu ketaui tentang danau Weekuri, si laguna cantik dari tanah Sumba.

Danau Air Asin

Danau Air Asin Sumba
Sumber foto: https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2018/05/05.jpg

Masih bingung, ya, kenapa air danaunya bisa asin? Karena sebenarnya danau Weekuri adalah sebuah laguna yang terbentuk dari air lautan lepas yang berasa di kisaran danau. Air tersebut masuk dari celah-celah bebatuan yang berada di gugusan karang sekitar danau. Begitu sodara-sodara… Danau ini juga punya kadar garam yang tinggi, lho. Sangking tingginya, kamu bisa mengapung tanpa harus menggunakan pelampung! Mirip dengan Laut Mati, jadi cukup pesan tiket pesawat ke Sumba aja, gak perlu jauh-jauh ke Laut Mati. Kalau kamu gak bisa berenang, jangan takut untuk nyemplung dan main air di danau Weekuri. Karena kedalaman airnya gak terlalu dalam, kok. Lokasinya masih tersembunyi di balik pepohonan dan semak belukar yang rimbun, jauh dari keramaian kota, jadi masih sangat terjaga banget keasriannya.

Warna Gradasi Super Indah

Warna Gradasi Super Indah
Sumber foto: https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2018/05/03.jpg

Danau Weekuri memiliki beberapa titik sumber mata air yang membuat gradasi warna air danau sangat bervariatif dan indah. Biru cerah, sedikit kehijau-hijauan, dan putih akibat pantulan dasar danau, bahkan airnya ada yang hangat dan dingin, lho! Mirip dispenser, ya… keunikan yang dimiliki danau Weekuri jarang ditemukan pada danau-danau lainnya yang ada di Indonesia. Jadi, kapan mau pesan tiket pesawat ke Sumba?

Waktu yang Pas untuk Mengunjungi Danau Weekuri

Waktu yang Pas untuk Mengunjungi Danau Weekuri
Sumber foto: https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2018/05/01.jpg

Waktu yang tepas untuk berkunjung ke danau Weekuri adalah jam 4 sore. Kenapa? Karena pada sore hari, matahari mulai condong ke barat, sehingga akan memantulkan cahaya ke danau dan menghasilkan warna biru yang sangat menawan. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan sunset di jam tersebut. Romantis!

Untuk menuju Danau Weekuri, kamu diharuskan menempuh perjalanan sekitar 60 km atau satu jam dari Bandara Tambolaka. Medan yang akan kamu tempuh cukup sulit, karena belum terdapat trasportasi umum dan lokasi yang terpencil. Ruas jalannya pun hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat. Jadi kamu harus hati-hati selama perjalanan, ya.

Bersakit-sakit dahulu, berenang-renang kemudian. Usaha selama perjalanan akan sepadan dengan pemandangan yang menawan dari danau Weekuri. Pesan tiket pesawat ke Sumba sekarang dan nikmati jernihnya danau air asin ini! selamat bersenang-senang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *