Jenis-Jenis Lensa Kacamata

Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kacamata

Diposting pada

Lensa kacamata sangat diperlukan untuk kebutuhan orang yang sedang menggunakan kacamata. Lensa kacamata juga menjadi bagian dari kerangka keseluruhan kacamata. Kacamata merupakan alat bantu seseorang untuk membaca atau melihat. Selain itu alat ini juga berfungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar matahari dan debu yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mata.

Alat ini sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, terlebih sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki riwayat mata minus. Bukan hanya bisa membantu dalam penglihatan, tetapi saat ini alat tersebut telah menjadi trend di semua kalangan. Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula bentuk dan macam dari alat ini. Alat ini dapat dengan mudah ditemukan di mall-mall atau optik terdekat disekitar tempat tinggal, dengan berbagai model dan merek yang terkenal yang dikirim langsung dari luar negeri. Modelnya pun sangat macam-macam, ada model spot, baca dan lain sebagainya.

Kacamata digunakan sebenarnya bukan hanya sebagai pemanis tampilan seseorang, melainkan juga bentuk melindungi tubuh. Menggunakan alat ini adalah salah satu cara untuk merawat mata dalam penglihatan dan bukan untuk menyembuhkan. Karena fungsi utama dari menggunakan alat ini adalah sebagai protector mata dari kerusakan yang diakibatkan dari paparan sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet ini bukan hanya dapat merusak bagian permukaan mata, tetapi juga dapat merusak bagian dalam mata seperti lensa, kornea dan lainnya. Kerusakan pada permukaan mata sama seperti kerusakan pada permukaan kulit, yang mana jika tidak dilakukan pengobatan maka akan menimbulkan penyakit baru.

Karena memiliki fungsi yang sangat penting bagi mata, maka perlu pemilihan yang sesuai, baik dalam bentuk maupun bahan lensanya. Pemilihan yang baik bisa dilakukan adalah pemilihan alat yang dapat melindungi mata dari sinar ultra violet. Karena sinar tersebut bisa masuk melalui beberapa sisi mata maka pilihlah dengan frame yang besar sehingga mata dapat terlindungi dengan sempurna. Sebenarnya bukan hanya berfungsi untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet saja, tetapi alat ini juga memiliki beberapa fungsi tambahan.

Inilah jenis-jenis lensa kacamata dan penjelasannya

Dibawah ini merupakan jenis lensa kacamata yang memiliki fungsi selain dapat membantu melihat dengan jelas, diantaranya adalah:

1. Lensa polarisasi,

Jenis ini berfungsi untuk mengurangi silau yang berasal dari pantulan sinar ketika menerangi air atau salju. Jenis ini biasanya digunakan oleh seseorang yang mengemudi kendaraan di siang hari, yang mana dimanfaatkan agar tidak penglihatan jalan tidak silau.

2. Lensa polikarbonat,

Bahan polikarbonat dalam lensa berfungsi untuk melindungi seseorang yang melakukan kegiatan ekstrem. Biasanya jenis ini digunakan oleh orang yang gemar melakukan aktivitas ekstrem atau saat berolahraga.

3. Lensa memblokir warna biru,

Lensa pemblokir warna biru sangat bermanfaat untuk melihat benda-benda jauh yang tertumpuk salju atau yang tertutup kabut. Jenis ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang berprofesi sebagai pemburu, pelaut serta seseorang yang gemar bermain ski di salju.

4. Lensa fotokromik,

Jenis lensa yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, seperti saat terkena sinar dalam jumlah besar maka lensa ini akan berubah menjadi gelap, namun sebaliknya saat dalam keadaan gelap lensa ini dapat berubah menjadi terang. Tetapi perlu diketahui bahwa perubahan lensa tidak terjadi begitu saat, karena lensa memerlukan waktu untuk menyesuaikan kondisi lingkungan.

5. Lensa gradient,

Jenis lensa ini memiliki dua macam yaitu tunggal dan ganda. jika tunggal, lensa ini memiliki bagian yang lebih gelap namun mampu mengurangi pancaran cahaya yang silau sehingga saat digunakan akan tetap terlihat jelas objek yang dilihat. Jenis ini biasanya baik digunakan untuk mengemudi tetapi tidak baik digunakan untuk berolahraga.

Perlu diingat bahwa Kacamata terbaik sebenarnya tidak mampu melindungi mata sepenuhnya dari sinar yang membahayakan mata. Namun, jika Anda selalu melakukan aktifitas berhadapan dengan cahaya sebaiknya menggunakan pelindung mata agar mata tidak cepat rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *