Ruam Popok Pada Bayi

Ruam Popok Pada Bayi, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Gejala dan cara mengatasi ruam popok pada bayi, ads.suka.web.id. Para orang tua wajib mempertimbangkan semua hal yang berkaitan dengan kesehatan bayinya dan cara perawatanya. Ruam popok ialah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal tersebut tentunya tidak diinginkan oleh orang tua manapun terjadi pada bayi mereka, tetapi apa mau dikata jika hal tersebutlah yang sering dialami oleh semua bayi. Para orang tua juga wajib mengetahui gejala-gejala timbulnya ruam tersebut pada bayinya, oleh karena itu berikut adalah penjelasannya.

Mengenali gejala pada bayi terserang ruam popok

Mudah sekali untuk mengenali gejala pada saat bayi anda terserang ruam popok. Yaitu ciri-ciri yang paling mencolok adalah perubahan warna pada kulit di area sekitar popok akan semakin terlihat kemerah-merahan, meradang serta sedikit bengkak, area-area tersebut antara lain paha bagian dalam, disekitar alat kelamin dan di bagian bokong. Tetapi pada kasus tertentu juga hingga dapat menimbulkan jerawat.

Ruam tersebut nantinya akan menjadi suatu iritasi pada bayi anda dan apabila jika tidak anda tangani dengan segera maka aka semakin berkembang sehingga menjadi masalah yang lebih serius, seperti dapat menimbulkan infeksi. Dari segi tingkah laku bayi anda sendiri juga dapat diindikasikan sebagai gejala jika bayi anda memiliki ruam tersebut, yaitu seperti bayi anda akan sering rewel karena merasa tidak nyaman, sering menangis dengan volume yang lebih keras dari sebelumnya, serta memperlihatkan kegelisahan atau ketidaksenangan.

Mengatasi terserang ruam popok pada bayi

Nah, bagi para orang tua hal ini perlu Anda ketahui. Waspada dari gejalanya. Ini akan membuat bayi mengalami gatal-gatal, merah, menangis dan masih banyak lainnya. Untuk itu, inilah cara mengatasi apabila bayi terserang ruam popok.

1. Mengganti popok

Jangan terlalu lama menggunakan popok. Hal ini memberikan gesekan popok dengan kulit bayi. Untuk itu, dalam mengatasi masalah ini anda dapat dengan mudah mengatasinya yaitu hanya dengan sering mengganti popok bayi anda jika sudah terisi dengan kotoran baik itu air kencing ataupun tinja.

2. Membersihkan dengan air hangat

Selain itu bersihkan daerah popok bayi anda. Menggunakan air hangat dan dicampur dengan sedikit sabun mandi bayi. Membersihkan kotoran tersebut mulai dipantat sampai di alat kemaluan. Selain itu, tentunya jangan lupa mengelap bagian yang dibersihkan tadi hingga kering.

3. Menggantinya

Orang tua diwajibkan harus lebih teratur memeriksa. Apabila bayi anda memiliki ruam, janganlah sekali-kali menggunakan ruam tersebut pada bagian yang terdapat ruam, melainkan gantilah dengan salep yang dapat membantu penyembuhannya. Intinnya jika tidak ingin bayi yang anda sayangi tidak terkena ruam tersebut anda harus sering memperhatikan kebersihan daerah sekitar popok bayi anda.

4. Ukuran popok

Yang perlu orangtua pastikan selanjutnya adalah ukurannya. Pastikan untuk ukuran popok yang akan digunakan pada bayi jangan terlalu sempit. Hal ini menghindari gesekan popok dengan kulit bayi. Jika sudah timbul ruam pada bayi, maka pakaikan ke bayi dengan ukuran yang ukuran besar.

5. Hindari penggunaan bedak

Hindarilah penggunaan bedak apalagi bedak yang terbuat dari jagung. Hal ini bisa memberikan iritasi pada paru-paru. Sedangkan yang terbuat dari jagung, menyebabkan infeksi pada kulit yang sedang meradang.

6. Konsultasi ke ahli

Terakhir, jika masih merasa kurang puas yang sudah dilakukan maka satu cara yang lain, pastinya berkonsultasi ke spesial anak.

Itulah mengenali ruam popok pada bayi. Tidak hanya itu, kami juga telah memberikan bagaimana cara mengatasi apabila terserang ruam popok. Hindarilah sebagaimana mungkin bayi terserang penyakit. Hal ini bisa memberikan fatal pada bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *